Latest News

Header Ads

10 Karya Seni Dunia Terheboh di Sepanjang Tahun 2014

Berprofesi sebagai seorang seniman tentunya memiliki ketertarikan tersendiri. Sepanjang 2014, banyak nama-nama perupa mancanegara yang muncul bersama karya seninya di tahun 2014. Mulai dari George W. Bush yang memamerkan karya tunggalnya di November 2014 hingga seniman instalasi Jepang yang membuat karya kontroversi.


Seperti apa karya seni tersebut? Berikut 10 karya seni dunia terheboh di dunia di sepanjang tahun 2014.

1. George W. Bush Buat Potret Diri dan Sang Ayah


Terpilih dua kali sebagai Presiden Amerika Serikat merupakan prestasi besar. Itulah yang dicapai George W. Bush, dan untuk mengenangnya ia merilis buku yang berjudul '41: A Potrait of My Father'. Tak hanya itu, Bush juga membuat lukisan potret dirinya dan sang ayah.

Dalam sebuah wawancara seperti dilansir dari BBC, Rabu (12/11/2014), Bush kesulitan melukis ayahnya. "Saya menangkap perasaan bagaimana menjadi tua. Saya mencoba untuk melukis jiwa yang lembut tentang ayah saya," ungkapnya.

2. Megumi Igarashi Buat Instalasi "Alat Kelamin Wanita"


Kepolisian kota Tokyo pada Rabu (3/12/2014) waktu setempat menangkap lagi seniman asal Jepang Megumi Igarashi, 42 tahun atas karya seni yang berbentuk seperti alat kelamin wanita. Ia mendistribusikan patung-patung tersebut di sebuah toko barang dewasa.

Awal tahun ini, Megumi pernah dipenjara atas pelanggaran yang sama. Karena penangkapan dan penahanannya tersebut, menimbulkan perbincangan dan kontroversi di kalangan masyarakat Jepang.

3. Ervin Loranth Buat Patung Pria Raksasa


Seorang pria raksasa merangkak keluar dari dalam tanah. Wajah dan setengah dadanya nampak menggeram dan mengangkat rerumputan hijau di bawah kepalanya. Ia nampak sedang berteriak dan mengucapkan sesuatu.

Namun itu bukan pria betulan, melainkan sebuah patung berukuran raksasa buatan seniman Hungaria Ervin Loranth Herve. Ia membuatnya di depan Budapest Szechenyi Square dalam rangka pameran 'Pasar Seni Budapest' yang berlangsung dari awal Oktober ini.

4. Seniman Gaza Buat Bikin Patung di Tengah Reruntuhan


Sebuah patung keluarga yang terbuat dari tanah liat berdiri di tengah-tengah reruntuhan bangunan. Keluarga yang terdiri dari tujuh orang termasuk anak balita 3 tahun itu dibuat oleh seniman asal Palestina Iyad Sabbah.

Patung yang berjudul 'Worn Out' melambangkan penderitaan perang dan perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya karena konflik perang Palestina dan Israel. Mereka terpaksa meninggalkan rumah mereka.

"Warga lingkungan Shuja-Iyya adalah salah satu tempat yang paling hancur karena perang," katanya dilansir berbagai sumber Jumat (24/10/2014).

5. Seniman Pakistan Anjum Rana Melukis di Truk


Ketika para supir truk merasa jenuh akan perjalanan yang memakan waktu dan tenaga, mereka mulai menghias truk-truknya. Truk yang ada di jalanan Pakistan mayoritas dilukis dan dihiasi dengan cat. Hiasannya dibuat melalui seni lukis maupun puisi yang memiliki sarat akan kerinduan terhadap rumah dan keluarga.

Anjum Rana pendiri 'Tribal Truck Art' yakni organisasi yang bertujuan meningkatkan pendapatan para seni seniman dengan melukis benda-benda sehari-hari ini mempromosikannya hingga ke Indonesia.

6. Karya Instalasi "Alat Bantu Seks"


Pada Oktober lalu, seniman asal Amerika Serikat McCarthy menciptakan karya seni instalasi alat bantu seks berukuran raksasa. Serta dipajangnya di pinggir jalanan Paris, Prancis.

Namun setelah memasangnya, McCarthy justru mendapatkan serangan dari orang yang tak dikenal di jalan. Ia juga mendapatkan kritik negatif dari warga Paris. Kini, patung yang terinspirasi dari alat bantu seks dan pohon Natal itu dirobohkan oleh warga.

7. Vladimir Putin Dibuatkan Lukisan


Vladimir Putin mungkin bukan dewa tapi dalam sebuah pameran lukisan yang digelar di Galeri Moskow semalam, ia digambarkan sebagai Hercules.

Pameran ini dibuka bertepatan dengan hari ulang tahun Putin yang ke-62. Sekelompok seniman membuatkan potretnya dalam berbagai rupa Dewa Hercules di bawah tajuk '12 Labours of Hercules'.

Penciptanya adalah mahasiswa pasca sarjana ilmu politik di Universitas Moskow dan pendiri grup penggemar Putin di laman Facebook, Antonov.

8. AiWeiWei Pameran di Penjara


Tak pernah ada habisnya inspirasi seniman asal Tiongkok Ai Weiwei dalam menciptakan karya seni. Di akhir bulan Oktober, ia membuka pameran besarnya di penjara Alcatraz, California, Amerika Serikat.

Uniknya salah satu karya seni instalasi Ai Weiwei terbuat dari 1,2 juta potongan lego dan membentuk potret dari tahanan. Ai Weiwei juga pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi tahanan dan dilarang meninggalkan negara asalnya yakni Tiongkok.

9. Florentijn Hofman Buat "Bebek Kuning"


Setelah muncul di Sungai Nanming Tiongkok pada Juli lalu, kini instalasi bebek kuning berukuran raksasa muncul lagi di negeri Ginseng. Instalasi bertajuk 'Lover Duck' tersebut akan tampil dari 14 Oktober hingga 14 November mendatang dan mengambang di Danau Seokchon, Seoul.

Penciptanya adalah seniman Belanda Florentijn Hofman yang membuat bebek setinggi 16 meter, panjang 19,2 meter, dan beratnya satu ton.

10. Kisah Bocah Autis yang Melukis Bareng Seekor Kucing


Tak perlu kuliah seni maupun punya pengalaman residensi ke luar negeri untuk mendapatkan titel sebagai seniman besar. Karena bagi gadis kecil berusia lima tahun, Irish Grace Halmshaw, ia sudah dikenal sebagai 'Little Monet'.

Bersama kucing kesayangannya, Thula setiap hari ia melukis. Lukisan buatannya dijual senilai Rp 25 juta dan sekarang banyak kolektor yang memburu karyanya. Ia pun menjadi terkenal di Inggris.

About The Blog Author

GOMMU GOMMU Dibentuk pada tahun 2012, GOMMU GOMMU merupakan sebuah blog yang membahas berbagai hal dan fakta unik dari seluruh penjuru dunia yang terkadang tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya dengan disertai penjelasan ringan.

0 Response to "10 Karya Seni Dunia Terheboh di Sepanjang Tahun 2014"

Contact Form

Name

Email *

Message *