Latest News

Header Ads

10 Film Hollywood Terlaris di Sepanjang Tahun 2014

Kurang dari dua pekan lagi, tahun 2014 akan berakhir. Sejauh ini film-film bertema superhero masih menjadi tambang emas bagi industri Hollywood. Berikut film-film terlaris 2014.

1. Transformers: Age of Extinction


Perubahan yang dilakukan sutradara Michael Bay untuk film pertama dari trilogi baru 'Transformers' membuahkan hasil maksimal. Hingga berita ini diturunkan, 'Transformers: Age of Extinction' terbukti menjadi film terlaris sementara tahun ini.

Film yang memasuki babak baru pertempuran Autobots dan Decepticons itu telah membukukan pendapatan lebih dari US $1,087 miliar di seluruh dunia. Hasil yang diraih 'Transformers: Age of Extinction' belum mampu disaingi film lain yang rilis tahun ini.

"Sekali lagi, Michael (Bay) telah memberikan tontonan yang disukai pasar global," ujar Paramount chairman and CEO Brad Grey dalam pernyataannya.

"Bersama aktor bertalenta Mark Wahlberg, dan si hebat Steven Spielberg sebagai eksekutif produser, cast yang luar biasa, dia membuat ulang film ini dengan kekuatan. Pencapaian luar biasa ini, menjadi film pertama di 2014 yang mencapai lebih dari US $1 miliar di box office, membuktikan sekali lagi bahwa Michael Bay adalah filmmaker kelas dunia yang berada dipuncak dalam industri."

Seri keempat Transformers ini patut berterima kasih dengan pasar di Tiongkok yang memberi pundi-pundi dollar mencapai US $300 juta. Sebagian besar film tersebut memang melakukan pengambilan gambar di sana.

Paramount Pictures telah meneken kontrak selama tiga tahun dengan Bay dan perusahaan produksi miliknya Platinum Dunes.

2. Guardians of the Galaxy


Film yang dibintangi Chris Pratt, Zoe Saldana dan Vin Diesel itu menjadi film terlaris ketiga Marvel untuk pemutaran di Amerika Serikat. 'Guardians of the Galaxy' berhasil menggeser posisi 'Iron Man.'

Film itu kini meraup pendapatan domestik US $332,5 juta atau sekitar Rp. 4,9 triliun, dan pendapatan internasional US $439,6 juta. Dengan demikian pendapatan total untuk 'Guardians of the Galaxy' mencapai US $772,1 juta

Sementara 'Iron Man' meraup pendapatan domestik US $318,41 juta atau sekitar Rp. 3,88 triliun. Saat ini pemegang tahta film terlaris Marvel Studios adalah 'The Avengers' dengan pendapatan domestik US $623 juta atau sekitar Rp. 7,59 triliun. 'Iron Man 3' mengikuti kemudian dengan pendapatan US $409 juta atau sekitar Rp. 4,98 triliun.

Kesuksesan 'Guardians of the Galaxy' di box office akan segera diikuti dengan pembuatan sekuelnya. Sutradara James Gunn yang juga menulis skrip di film pertama akan kembali mengarahkan 'Guardians of the Galaxy 2'.

Marvel Studios mengumumkan bahwa film tersebut akan dipersiapkan untuk tayang 28 Juli 2017.

3. Maleficent


Berkat debutnya di Tiongkok dan sejumlah negara lain di luar pasar Amerika Utara, film adaptasi dongeng Disney mendapat total pendapatan US $757,8 juta di seluruh dunia. 'Maleficent' menjadi film live-action paling sukses dari Angelina Jolie. Film terlaris Jolie sebelumnya adalah 'Mr. and Mrs. Smith' yang meraup pendapatan US $478,2 juta di seluruh dunia pada 2005 lalu.

'Maleficent' menceritakan tentang kehidupan Maleficent si penyihir jahat dari dongeng ‘Sleeping Beauty’. Mungkin penyuka cerita dongeng bertanya-tanya, mengapa Maleficent yang menjadi tokoh utama dalam film ini? Sebelumnya, penggemar hanya mengetahui sosok Maleficent sebagai penyihir yang jahat dan kejam.

Di film ini, Disney mengajak penonton untuk kenal lebih dekat dengan kehidupan Maleficent sebelum ia berubah menjadi penyihir jahat.

4. X-Men: Days of Future Past


Film terbaru X-Men, 'Days of Future Past' telah membukukan rekor. Dengan pendapatan total lebih dari US $746 juta, film arahan sutradara Bryan Singer ini menjadi film X-Men terlaris sepanjang masa.

Hasil positif yang diraih 'Days of Future Past' telah melewati film 'X-Men: The Last Stand' yang meraup US $459,4 juta. Film tersebut dirilis pada 2006 lalu.

Film yang diadaptasi dari Marvel Comics itu dibeli hak pembuatan filmnya pada 1994 silam oleh 20th Century Fox. Bryan Singer menjadi sutradara pertama yang menangani proyek tersebut pada tahun 2000 dan sekuelnya 'X2' tiga tahun kemudian.

Film ketiga dan keempat X-Men kemudian beralih ke Brett Ratner, serta dilanjutkan Gavin Hodd di 'X-Men Origins: Wolverine'. Matthew Vaughn adalah sutradara yang kemudian dipilih untuk 'X-Men: First Class' sebelum film lanjutan kembali ke tangan Bryan Singer.

Saat ini film X-Men lain yang sedang dikembangkan adalah 'X-Men: Apocalypse' (2016) dan 'Wolverine 3' (2017).

'Days of Future Past' mengambil latar masa depan, di mana semua mutan diburu oleh robot-robot milik pemerintah yang disebut Sentinel (Pengawal).

Alur cerita kembali ke tahun 1980 di mana Wolverine (Hugh Jackman) yang dikirim ke masa lalu oleh Professor X (Patrick Stewart) untuk membantu Professor X muda (James McAvoy) dan mutan-mutan lainnya. Para mutan yang tahu di masa depan akan diburu oleh Sentinel kini bekerja sama untuk mencegah kehancuran mereka di masa depan.

5. Captain America: The Winter Soldier


Setelah kejadian melelahkan di New York dalam 'The Avengers', Steve Rogers atau yang lebih dikenal dengan nama populernya Captain America (Chris Evans) berusaha untuk tetap menjadi orang yang sederhana. Sambil berlari setiap pagi, ia tetap menjalankan tugasnya sebagai pahlawan super. Hari itu, Rogers mendapatkan kabar bahwa sebuah kapal milik S.H.I.E.L.D dibajak oleh Georges Batroc (Georges St. Pierre). Bersama dengan Natasha Romanoff/Black Widow (Scarlett Johansson), mereka bersama-sama mendatangi kapal tersebut dan menyelamatkan sandera. Di tengah-tengah pertempuran, Rogers mengetahui bahwa tugasnya dengan Romanoff amatlah berbeda. Murka, Rogers bertemu dengan Nick Fury (Samuel L. Jackson) dan menanyakan tujuan ini semua.

Sebuah proyek bernama 'Operation: Insight' ternyata sedang dalam pengembangan. Rogers menolak ide ini. Menurutnya, kedamaian terjadi karena manusia saling menghormati. Fury mencoba mempertahankan kedamaian dengan paranoid. Diskusi tersebut belum selesai ketika Fury mendadak diserang oleh seseorang bernama Winter Soldier (Sebastian Stan) dan meninggal dunia. Kini giliran Rogers dan Romanoff yang mencoba menguak rahasia di balik sebuah algoritma rumit yang susah untuk dipecahkan.

Dengan plot yang menarik dan melibatkan nostalgia karakter utamanya, 'Captain America: The Winter Soldier' terbukti efektif menarik minat penonton. Film tersebut berhasil membukukan total pendapatan US $714,1 juta.

6. The Amazing Spider-Man 2


Andrew Garfield yang mengenakan kostum manusia laba-laba, harus melawan tiga musuh sekaligus dalam film 'The Amazing Spider-Man 2'. Film itu menjadi 'gerbang neraka' untuk Peter Parker.

'The Amazing Spider-Man 2' yang rilis di bioskop AS pada 2 Mei lalu itu menjadi film pembuka bagi dunia baru Peter Parker untuk berhadapan dengan musuh-musuh terhebat. Sebagai permulaan, ia akan melawan Electro (Jamie Foxx), Goblin (Dane DeHaan), dan The Rhino (Paul Giamatti).

Meskipun meraup pendapatan US $709 juta dan menempati urutan keenam film terlaris 2014, namun Sony Pictures dikabarkan tidak cukup puas dengan hasil yang diraih. Saat ini belum ada kejelasan untuk kelanjutan film tersebut. Bahkan baru-baru ini beredar rumor bahwa Andrew Garfield sang pemeran utama akan digantikan.

7. 'Dawn of the Planet of the Apes'


Perang pecah antara manusia dan kera cerdik. Satu tahun setelah kejadian di 'Rise of the Planet of the Apes', kedamaian antar dua kubu menjadi retak. Pihak manusia dan kera yang dipenuhi dengan rasa was-was, dendam dan kebencian akhirnya memilih jalan kekerasan.

Karakter kera cerdik Caesar kembali diperankan Andy Serkis. Gary Oldman, Jason Clarke, dan Keri Russell akan menjadi bagian dari ras manusia yang mencoba bertahan, sementara James Franco yang tampil di seri film ini pada 2011 lalu, tampil cameo.

'Dawn of the Planet of the Apes' meraup pendapatan total US $708,3 juta.

8. Interstellar


Film ini menceritakan saat keadaan bumi sudah mulai kacau, dengan debu dan penyakit yang menyerang tanaman pangan. Alhasil, Cooper bergabung dengan Amelia Brand (Anne Hathaway), Romilly, Doyle, dan dua robot bernama TARS dan CASE, untuk berangkat ke luar angkasa. Mereka berangkatlah dengan spacecraft Endurance, menuju ke luar angkasa.

Film ini mampu memanjakan mata para penonton dengan efek visualnya; di dalamnya ada dokumentasi dari NASA. Matthew McConaughey dan Anne Hathaway mengajak penonton untuk menikmati perjalanan ke Saturnus, melewati wormhole, ke planet lain, dan black hole.

Dengan visual penuh bintang itu Christopher Nolan sang sutradara meraup keuntungan lebih dari US $1,5 juta dollar sejak 4 November dan terus meraup dollar pada hari berikutnya. Meskipun dengan bioskop terbatas, film ini berhasil masuk jajaran box office. Saat ini 'Interstellar' sudah meraup pendapatan US $622,9 juta.

9. How to Train Your Dragon 2


'How To Train Your Dragon 2' adalah apapun yang Anda butuhkan dalam sebuah film animasi keluarga. Film ini menyenangkan, menegangkan, lucu dan menyentuh. Begitu menyentuhnya, jangan kaget bila Anda tiba-tiba menitikkan air mata di beberapa adegan.

Sang sutradara dan penulis skrip, Dean DeBlois adalah veteran animasi yang tahu betul resep untuk membuat tontonan menghibur level maksimal. Kepiawaiannya bisa Anda buktikan dengan melihat betapa cepat ia mengubah emosi penonton dari tegang ke gemas, dan ke sedih dalam satu jentikan jari.

Dengan pendapatan US $618,9 juta, 'How to Train Your Dragon 2' menjadi film animasi terlaris tahun ini dan menempati urutan ke-9 film terlaris 2014.

10. The Hunger Games: Mockingjay - Part 1


Sesuai prediksi, film 'The Hunger Games: Mockingjay, Part 1' menuai pendapatan besar di box office Amerika Utara dalam debut pemutarannya. Namun pemasukan 'The Hunger Games: Mockingjay, Part 1' lebih kecil dibandingkan film-film sebelumnya.

'The Hunger Games' membuka keran pendapatannya dalam debut pada 2012 silam dengan US $152 juta, diikuti sekuelnya 'The Hunger Games: Catching Fire' yang membukukan pendapatan US $158 juta setahun berikutnya. Kali ini petualangan Katniss Everdeen melawan Capitol memiliki pendapatan debut US $123 juta.

Meski demikian, pencapaian tersebut mampu melewati pendapatan debut film terlaris tahun ini 'Transformers: Age of Extinction' yang meraup US $100 juta. 'The Hunger Games: Mockingjay, Part 1' kemudian memimpin box office selama tiga pekan berturut-turut, dan kini membukukan pendapatan total sementara US $613,4 juta.

Keputusan Lionsgate membagi dua film ini mengindikasikan minimnya adegan action di film pertama. 'The Hunger Games: Mockingjay, Part 1' juga tidak memulai debut di layar IMAX karena di sana masih memutar 'Interstellar'.

Baca juga: 10 Aktor Hollywood Paling Kaya Sepanjang Tahun 2014.

About The Blog Author

GOMMU GOMMU Dibentuk pada tahun 2012, GOMMU GOMMU merupakan sebuah blog yang membahas berbagai hal dan fakta unik dari seluruh penjuru dunia yang terkadang tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya dengan disertai penjelasan ringan.

0 Response to "10 Film Hollywood Terlaris di Sepanjang Tahun 2014"

Contact Form

Name

Email *

Message *