Follow Us on Social Media

Advertisement

Inilah Daftar 10 Universitas Terbaik di Dunia 2012

Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat menggantikan posisi Universitas Cambridge di Inggris dalam daftar universitas terbaik di dunia. Pada saat yang sama, University College London naik ke posisi ke empat dalam daftar itu, menempatkannya di atas Oxford University yang bertahan di posisi kelima.

Dalam tabel yang disusun oleh QS World University Rankings itu, empat dari enam universitas terkemuka dalam daftar tersebut berada di Inggris.

Dalam daftar terbaru ini, banyak universitas yang mengalami "lonjakan" dan turun tajam. MIT ada di posisi ketiga dalam daftar tahun lalu. University College London naik dari nomor tujuh tahun lalu menjadi nomor empat dalam peringkat baru.

Imperial College London berada di peringkat keenam, yang berarti untuk pertama kalinya masuk dalam daftar enam universitas terkemuka di dunia. Inggris memiliki total 18 universitas dalam daftar 100 besar.

Harvard University, yang memegang posisi teratas selama enam tahun antara 2004 hingga 2009, berada di peringkat ketiga dalam daftar itu.

QS World University Rankings disusun dengan menggunakan enam indikator antara lain reputasi akademis, reputasi employer, rasio dosen atau mahasiswa, serta rasio mahasiswa internasional. Hasil didasarkan pada survei lebih dari 46 ribu akademisi dan 28 ribu pengusaha.

Proporsi siswa internasional di institusi dipandang sebagai indikator keanekaragaman universitas dan daya tarik internasional.

John O'Leary, editor Times Good University Guide menyatakan penting bagi universitas di Inggris untuk menata diri kembali agar menjadi yang teratas dalam soal mutu. "Terutama dalam hal riset dan perekrutan siswa internasional," katanya.

Berikut adalah 10 besar universitas terbaik di dunia dan posisi mereka tahun lalu (dalam kurung).

1. MIT (3)


Institut Teknologi Massachusetts (Massachusetts Institute of Technology atau MIT), adalah institusi riset swasta dan universitas yang terletak di kota Cambridge, Massachusetts tepat di seberang Sungai Charles dari distrik Back Bay di Boston, Amerika Serikat. MIT memiliki 5 sekolah dan satu kolese, mencakup 32 departemen yang mengkhususkan diri pada sains dan penelitian teknologi.

Didirikan tahun 1861 sebagai respon atas kemajuan teknologi dan industri di Amerika pada saat itu, universitas ini mengadopsi universitas riset ala Eropa. MIT sekarang berdiri di atas tanah seluas 168 are yang dibuka 1916. Dalam kurun waktu 60 tahun belakangan ini, MIT telah mengembangkan cabang lain sepertimanajemen, ekonomi, manajemen, ilmu politik, dan biologi.

Departemen dan sekolah yang paling terkenal adalah Lincoln Laboratory, Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory, Media Lab, Whitehead Institute dan Sloan School of Management. 59 dari anggota dari komunitas MIT telah memenangkan Penghargaan Nobel.

Untuk tahun ajaran 2009-2010, MIT memiliki 4,232 mahasiswa sarjana dan 6,152 mahasiswa pascasarjana.

2. Cambridge (1)


Universitas Cambridge (Cambridge University) adalah universitas kedua-tertua dalam dunia bahasa Inggris, dengan persyaratan masuk yang paling ketat di Britania Raya. Catatan awal sudah tidak tersimpan lagi, namun universitas ini tumbuh dari sebuah perhimpunan sarjana di kota Cambridge, Cambridgeshire, Inggris, kemungkinan dibentuk pada 1209 oleh sarjana yang kabur dari Universitas Oxford setelah bertengkar dengan penduduk kota sana.

Universitas Oxford dan Cambridge, sering dijuluki Oxbridge, telah memiliki sejarah kompetisi yang lama satu sama lain, dan dipandang luas sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Britania Raya. Berdasarkan sejarah, mereka telah menghasilkan sejumlah ilmuwan, penulis, dan politisi Britania yang terkenal.

Afiliasi dari Universitas Cambridge telah memenangkan 80 Penghargaan Nobel, lebih banyak dari universitas lain di dunia. Dari 80 pemenang Penghargaan Nobel ini, 70 pernah menghadiri Cambridge sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana, dan bukan sebagai "associate" riset, "fellow" atau profesor (Universita Chicago di urutan ke-2 dalam afiliasi pemenang Penghargaan Nobel, dengan 79 orang, tetapi hanya 30 yang pernah belajar di Universitas Chicago sebagai murid prasarjana atau pasca-sarjana).

Cambridge adalah anggota dari Grup Russell (sebuah jaringan besar, universitas Britania yang berorientasi riset), Grup Coimbra (sebuah perhimpunan universitas terkemuka Eropa), dan LERU (League of European Research Universities, Liga Universitas Riset Eropa).

3. Harvard (2)


Universitas Harvard (Harvard University) adalah universitas swasta di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat dan anggota Ivy League. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik dunia.

Universitas ini didirikan pada 8 September 1636 dan merupakan perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat. Awalnya bernama New College, dan dinamakan ulang menjadi Harvard College pada 13 Maret 1639 untuk menghormati penyumbang terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge. Rujukan terawal yang memanggil Harvard sebagai "universitas" dan bukan "college" terjadi pada tahun 1780.

Universitas Harvard adalah salah satu universitas paling bergengsi di dunia dan mempunyai pendapatan terbesar di antara universitas-universitas di seluruh dunia (US$22,6 miliar pada tahun 2004), hampir dua kali lipat Universitas Yale, pesaing terdekatnya).

Rangking universitas Amerika Serikat keluaran US News tahun 2005 menempatkan Universitas Harvard dan Universitas Princeton bersama-sama di urutan pertama. Universitas Harvard juga meraih urutan pertama pada tahun 2004, setelah lima tahun di posisi kedua dan ketiga. Times Higher Education Supplement World University Rankings juga menempatkan Universitas Harvard di urutan pertama.

4. University College London (7)


University of London adalah institusi negeri yang didirikan tahun 1826, saat ini memiliki lebih dari 22.000 mahasiswa. Universitas ini terletak di London dan merupakan universitas federal besar yang memiliki 31 afiliasi. Melalui Institut dan Fakultas yang dimiliki, universitas ini menyelenggarakan 3700 perkuliahan setiap tahun, mencakup semua jurusan yang ada di dalam kurikulum universitas-universitas lain di Inggris. Diantara jurusan tersebut ada Ilmu Keagamaan,, Kedokteran, Bedah Gigi, Teknik, Sains, Musik, Seni, Administrasi Bisnis, Pendidikan, Perdagangan dan Humaniora.

5. Oxford (5)


Universitas Oxford adalah perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang berlokasi di kota Oxford, Inggris.[5] Sejarah universitas ini dapat ditelusuri paling tidak mulai akhir abad ke-11, walaupun tanggal tepat pendiriannya tetap tak jelas. Menurut legenda, setelah pecahnya kerusuhan antara mahasiswa dan penduduk kota pada tahun 1209, beberapa akademisi Oxford melarikan diri ke timur laut, ke kota Cambridge, dan mendirikan Universitas Cambridge. Kedua universitas ini sejak itu telah saling bersaing satu sama lain, dan merupakan perguruan tinggi paling selektif di Britania Raya.

6. Imperial College London (6)


Imperial College London adalah beasiswa universitas kelas dunia, pendidikan dan penelitian di bidang ilmu pengetahuan, teknik dan kedokteran, khususnya berkaitan dengan aplikasi mereka di industri, perdagangan dan kesehatan. College ini memiliki lebih dari 3.000 staf akademik dan penelitian dan hampir 14.000 siswa dari lebih 120 negara yang berbeda.

7. Yale (4)


Universitas Yale adalah sebuah universitas swasta di New Haven, Connecticut. Didirikan pada 1701 sebagai Collegiate School, Yale adalah institusi pendidikan tinggi ketiga tertua di Amerika Serikat. Universitas ini memiliki banyak penerima Penghargaan Nobel dan Presiden Amerika Serikat, termasuk William Howard Taft, Gerald Ford (LL.B), George H.W. Bush (BA), Bill Clinton (JD), dan George W. Bush (BA). Penerimaan akademiknya adalah AS$12,7 miliar yang merupakan kedua terbesar di dunia (di belakang saingan besarnya, Universitas Harvard).

Yale menekankan pengajaran prasarjana yang tidak umum dibandingkan dengan universitas riset lainnya. College prasarjananya merupakan salah satu yang paling pemilih di Amerika Serikat, hanya menerima kurang dari 10% pendaftar, dan telah menciptakan lebih banyak penerima beasiswa Rhodes daripada institusi lainnya, dengan pengecualian Harvard. Mahasiswa prasarjana tinggal di sistem tempat tinggal college yang unik. Sekolah sarjana Yale termasuk program drama, musik, arsitektur, dan kedokteran. Sekolah Hukum Yale merupakan salah satu yang paling pemilih di Amerika Serikat, dan telah meluluskan beberapa Presiden AS dan anggota Mahkamah Agung. Keseluruhannya, universitas ini memiliki lebih dari 3000 anggota fakultas, di antaranya adalah Profesor Sterling yang dianggap sebagai peringkat tertinggi.

Yale merupakan salah satu dari delapan anggota Liga Ivy (Ivy League). Persaingan di antara Yale dan Harvard bersejarah panjang; dari bidang akademis hingga berdayung hingga football, kompetisi mereka serupa dengan antara Oxford dan Cambridge.

8. University of Chicago (8)


Universitas Chicago (biasanya disebut sebagai Chicago, The University of Chicago) adalah sebuah universitas swasta, yang fokus pada penelitian coeducational dan terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Universitas Chicago didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Rockefeller pada tahun 1890; William Rainey Harper menjadi presiden atau rektor pertama pada tahun 1891 dan kelas-kelas pertama diadakan pada tahun 1892.

9. Princeton (13)


Universitas Princeton, terletak di Princeton, New Jersey, adalah institusi pendidikan tinggi tertua keempat di Amerika Serikat. Salah satu universitas terkemuka di negara tersebut, Princeton memiliki bidang arsitektur, teknik, dan urusan internasional dan publik baik prasarjana maupun sarjana yang terkenal. Riset dijalankan di banyak bidang, termasuk fisika plasma dan propulsi jet. Universitas ini berhubungan dengan Brookhaven National Laboratories.

Perpustakaan Harvey S. Firestone Library (dibuka 1948) dan museum seni menyimpan koleksi yang luar biasa. Dia didirikan sebagai College of New Jersey pada 1746, dan awalnya terletak di Elizabeth, New Jersey. Sekolah ini kemudian pindah ke Princeton pada 1756, masih dengan nama awalnya. Namanya kemudian resmi diganti "Princeton University" pada 1896.

Pada awalnya ia merupakan institusi Presbyterian, universitas ini sekarang tidak berdasarkan agama dan tidak menghendaki pemelukan agama tertentu terhadap muridnya. Princeton adalah salah satu sekolah dalam Liga Ivy (Ivy League) dan selalu konsisten berada di urutan atas pemeringkatan universitas dan college. Shirley Tilghman adalah presiden Universitas Princeton sekarang ini.

10. California Institute of Technology (12)


California Institute of Technology (Institut Teknologi California), biasanya dikenal dengan Caltech, adalah sebuah universitas swasta yang terbuka untuk laki-laki dan perempuan dan terletak di Pasadena, California, di Amerika Serikat.

Universitas ini merupakan salah satu universitas paling terkemuka dalam riset. Caltech mempertahankan penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik. Caltech memiliki dan mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa "autonomous" yang memimpin di dunia dikenal dengan Jet Propulsion Laboratory. JPS mengamati desain dan operasi dari banyak penjajakan luar angkasa NASA; tidak seperti "National Laboratories" (Laboratorium Nasional AS) dan Pusat Luar Angkasa NASA lainnya, fasilitas JPS hanya dalam kontrak ke pemerintah.

2 Responses to "Inilah Daftar 10 Universitas Terbaik di Dunia 2012"

  1. Terimakasih infonya gan...sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. jurusan di cambridge ada apa aja ya?

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar terbaik Anda tentang isi artikel di atas di bagian kolom komentar yang telah tersedia. Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *

wdcfawqafwef